Senin, 11 Juli 2022

Tujuh Keterampilan Karyawan Sebagai Bekal Sukses dalam Karir Apapun

 Tujuh Keterampilan Karyawan Sebagai Bekal Sukses dalam Karir Apapun

Keterampilan karyawan dalam bekerja merupakan salah satu poin penting yang membantu perusahaan meningkatkan integritas dan kualitasnya. Keterampilan dasar atau basic skill dalam artikel ini wajib dimiliki oleh setiap staf dalam suatu perusahaan sebagai bekal untuk meraih prestasi di dalam pekerjaannya.
Apapun jenis karir yang ditempuh, terdapat setidaknya tujuh keterampilan karyawan yang wajib dikuasai. Tidak hanya untuk meningkatkan kompetensi diri, keterampilan berikut dapat membantu dalam menapaki jenjang karir yang lebih tinggi.

Keterampilan Karyawan yang Harus Dikuasai

Kemampuan Berkomunikasi yang Baik
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kemampuan berkomunikasi menjadi salah satu keterampilan karyawan yang wajib dikuasai oleh setiap pekerja. Komunikasi yang baik, efektif dan efisien mendukung kesuksesan besar seseorang di dunia pekerjaan. Keterampilan berkomunikasi terbagi menjadi dua, yaitu komunikasi secara verbal atau komunikasi secara tertulis. Komunikasi yang padat dan tepat membantu membangun dan menjalin relasi dengan siapa saja yang kemungkinan besar akan membawa keuntungan untuk Anda maupun perusahaan.
Kemampuan Berorganisasi yang Handal
Setelah Anda sudah memiliki skill komunikasi yang baik, keterampilan karyawan yang kedua adalah mampu berorganisasi dan manajemen yang baik. Agar bisa sukses, Anda membutuhkan tim, rekan atau mitra dengan visi yang sama dan siap membantu Anda. Dari sinilah kenapa karyawan dituntut untuk memiliki kemampuan berorganisasi yang baik.
Keterampilan dalam organisasi ini seharusnya berdampingan dengan keterampilan manajemen agar menciptakan suatu keseimbangan. Kemampuan pengelolaan ini akan berguna untuk mengatur waktu, pekerjaan serta menyeleksi masalah-masalah yang seharusnya diprioritaskan.
Baca juga : Tambah Mutu Pelatihan Karyawan Baru Anda dengan Job Shadowing


Kemampuan Bernegosiasi yang Jitu
Keterampilan karyawan dalam bernegosiasi ini akan berguna seiring dengan bertambahnya jam terbang staf. Tetapi, ada pula yang masih belum banyak berpengalaman tetapi membutuhkan kemampuan ini lantaran jenis pekerjaannya. Pada dasarnya, kemampuan bernegosiasi bermanfaat untuk segala hal. Misalnya saja, saat Anda bernegosiasi dengan klien, bernegosiasi dengan atasan mengenai kenaikan gaji atau bernegosiasi untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.
Kemampuan Bekerjasama dalam Tim
Setelah Anda sudah memiliki kemampuan dalam berorganisasi, Anda mungkin tak akan kesulitan lagi untuk membangun keterampilan karyawan yang berikutnya, yaitu kerjasama tim. Menjadi karyawan yang bisa diajak bekerjasama tentulah akan menguntungkan bagi Anda maupun perusahaan.
Kemampuan Berpikir Terbuka dan Kritis
Berpikir terbuka dan kritis menunjang Anda mencari solusi atas masalah atau hambatan yang muncul dalam pekerjaan. Membuka pikiran untuk beragam solusi berpotensi perusahaan meraih penyelesaian masalah sekaligus capaian lain yang di luar kebiasaan pada umumnya. Sedangkan dari berbagai pilihan tersebut, dibutuhkan pemikiran kritis agar tepat guna dalam memilih dan menerapkan pilihan solusinya nanti.
Kemampuan Menganalisa yang Tepat
Kecakapan dalam menganalisa dibutuhkan untuk pekerjaan apa saja. Sebagai contoh,  bagian pemasaran yang perlu menganalisis pasar produk manakah yang prospek untuk terjual dan mana yang tidak. Agar bisa menganalisa secara tepat, Anda harus bisa menyerap informasi, memilih lalu mengolahnya sesuai kebutuhan pekerjaan.
Kemampuan Mempercayai Diri Sendiri
Di atas segalanya, keterampilan karyawan yang terpenting adalah mempercayai kemampuan diri sendiri. Banyak yang mengira ini merupakan sifat karyawan tertentu. Namun demikian, setiap karyawan sebenarnya bisa mengasah keterampilan ini. Banyak berlatih dan mencoba akan meningkatkan tingkat kepercayaan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar